Selasa, 12 Mei 2020

SOFTWARE REQUIREMENT SPESIFICATON (SRS)

A.Pengertian Software Requirement Spesification

Secara sederhana, Software Requirement Specifications (SRS) adalah dokumen yang menjelaskan tentang berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi oleh suatu software. Dokumen ini dibuat oleh developer (pembuat software) setelah menggali informasi dari calon pemakai software. 
Metode mendefinisikan SRS dijelaskan oleh IEEE ( Institute of Electrical and Electronic Engineer ) spesifikasi 830-1998. IEEE membuat standar SRS agar dokumen penting itu tidak ambigu dan tentu saja komplit. Lengkap. Dengan standar itu, si penggguna dapat mencurahkan semua keinginannya terkait software tersebut dengan jelas dan akurat sehingga sang developer pun dapat memahami apa yang diinginkan pengguna dengan tepat.


Tujuan Software Requirement Spesification
1.Memberikan umpan balik kepada pelanggan.
2.Masalah terurai menjadi beberapa bagian.
3.Berfungsi sebagai masukan untuk spesifikasi desain
4.Berfungsi sebagai dokumen induk untuk pengujian dan validasi strategi yang akan di terapakan pada persyaratan untuk verifikasi.




B.Karakteristik Mendasar dari Kualitas SRS

Karakteristik mendasar dari kualitas SRSawalnya dipresentasikan pada april 1998 Software Technology Conference presentation “Doing Requirements Right the Fisrt Time”. Dicetak ulang dengan izin dari Software Assurance Technology Center di NASA (http://www.gsfc.nasa.gov/) . karakteristik kualitas ini terkait erat dengan apa yang disebut sebagai “indikator kekuatan dan kelemahan” yang akan ditentukan selanjutnya.


Terimakasih

SDLC (System Development Life Cycle)

A.Pengertian SDLC (System Development Life Cycle)

SDLC atau siklus hidup pengembangan sistem adalah siklus yang digunakan dalam pembuatan atau pengembangan sistem informasi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah secara efektif. Dalam pengertian lain, SDLC adalah tahapan kerja yang bertujuan untuk menghasilkan sistem berkualitas tinggi yang sesuai dengan keinginan pelanggan atau tujuan dibuatnya sistem tersebut.










Terimakasih

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

A.PENGERTIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Rekayasa perangkat lunak (software engineering) merupakan pembangunan dengan menggunakan prinsip atau konsep rekayasa dengan tujuan menghasilkan perangkat lunak yang bernilai ekonomi yang dipercaya dan bekerja secara efisien menggunakan mesin.






B.Mitos Perangkat Lunak

Ada beberapa bagian dari mitos software, antara lain:
  • Mitos Managements
Mitos : Kita tidak perlu mengubah pendekatan terhadap pengembangan software, karena jenis pemrograman yang kita lakukan sekarang ini sudah kita lakukan 10 tahun yang lalu.
Realita : Walau hasil program sama, produktivitas dan kualitas software harus ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan software developments.

  •  Mitos Langganan/Customer
Mitos : Kebutuhan proyek yang terus menerus berubah dapat dengan mudah di atasi karena software itu bersifat fleksibel.
Realita : Kenyataannya memang benar bahwa kebutuhan software berubah, tetapi dampak dari perubahan berbeda dari waktu ke waktu.

  •  Mitos Praktisi
Mitos : Tidak ada metode untuk analisis desain dan testing terhadap suatu pekerjaan, cukup menuju ke depan terminal dan mulai coding.
Realita : Metode untuk analisis desain dan testing diperlukan dalam pengembangan software.


Terimakasih 
 
 

ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD)

A.Pengertian ERD (Entity Relationship Diagram)

ERD merupakan sebuah model untuk menjelaskan hubungan antar basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkan tersebut diperlukan beberapa notasi dan simbol.
Menurut Brady dan Loonam (2010), ERD merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi, biasanya oleh sistem analis dalam tahap analisis persyaratan proyek pengembangan sistem. Sementara seolah-olah teknik diagram atau alat peraga memberikan dasar untuk desain database relasional yang mendasari sistem informasi yang dikembangkan



Terimakasih

Senin, 11 Mei 2020

DATA FLOW DIAGRAM (DFD)

A.Definisi DFD (DATA FLOW DIAGRAM)

Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi.



  • Bentuk Data Flow Diagram
Terdapat dua bentuk DFD, yaitu diagram alur data fisik, dan diagram alur data logika. Diagram alur data fisik lebih menekankan pada bagaimana proses dari sistem diterapkan, sedangkan diagram alur data logika lebih menekankan proses-proses apa yang terdapat di sistem.

    1.  Diagram Alur Data Fisik (DADF)
    2. Diagram Alur Data Logika (DADL)

 

Terimakasih

DESAIN SISTEM

Definisi desain sistem

Desain sistem dapat dibagi dalam dua bagian, yaitu desain sistem secara umum (general systems design) dan desain sistem terinci (detailed systems design) desain sistem secara umum disebut juga dengan desain secara makro (macro design). Desain sistem terinci disebut juga dengan desain sistem secara phisik (physical system design) atau desain internal (internal design).

  • Tujuan Desain Sistem
Tahap desain sistem mempunyai dua maksud atau tujuan utama, yaitu sebagai berikut :
  1.  Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem.
  2. Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat.
Tujuan kedua ini lebih condong kepada desain sistem yang terinci, yaitu pembuatan rancang bangun yang jelas dan lengkap untuk nantinya digunakan untuk pembuatan program komputer.

Untuk mencapai tujuan tersebut, analisis sistem harus dapat mencapai sasaran-sasaran sebagai berikut :
  1. Desain sistem harus berguna, mudah dipahami dan nantinya mudah digunakan. Ini berarti bahwa data harus mudah ditangkap, metode-metode harus mudah diterapkan dan informasi harus mudah dihasilkan serta mudah dipahami dan digunakan. 
  2.  Desain sistem harus dapat mendukung tujuan utama perusahaan sesuai dengan yang didefinisikan pada tahap perencanaan sistem yang dilanjutkan pada tahap analisis sistem.
  3. Desain sistem harus efisien dan efektif untuk dapat mendukung pengolahan transaksi, pelaporan manajemen dan mendukung keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen, termasuk tugas-tugas yang lainnya yang tidak dilakukan oleh komputer.
  4. Desain sistem harus dapat mempersiapkan rancang bangun yang terinci untuk masing-masing komponen dari sistem informasi yang meliputi data dan informasi, simpanan data, metode-metode, prosedur-prosedur, orang-orang, perangkat keras, perangkat lunak dan pengendalian intern.

  • DESAIN SISTEM SECARA UMUM
Tujuan dari desain sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum kepada user tentang sistem yang baru. Desain sistem secara umum merupakan persiapan dari desain terinci. Desain secara umum mengidentifikasikan komponen-komponen sistem informasi yang akan didesain secara rinci. Desain terinci dimaksudkan untuk pemrogram komputer dan ahli teknik lainnya yang akan mengimplementasi sistem. Tahap desain sistem secara umum dilakukan setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan dan hasil analisis disetujui oleh manajemen.
 
 Terimakasih

ANALISIS SISTEM

A.DEFINISI ANALISIS SISTEM
Analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.
Atau secara lebih mudahnya, analisis sistem adalah penelitian atas sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau diperbarui. Tahap analisis sistem ini merupakan tahap yang sangat kritis dan sangat penting, karena kesalahan di dalam tahap ini akan menyebabkan juga kesalahan di tahap selanjutnya. Tugas utama analis sistem dalam tahap ini adalah menemukan kelemahan-kelemahan dari sistem yang berjalan sehingga dapat diusulkan perbaikannya.


  • Teknik Wawancara
Berikut ini adalah beberapa panduan dalam melakukan kegiatan wawancara agar memperoleh data yang diharapkan :

  1.  Buatlah jadwal wawancara dengan narasumber dan beritahukan maksud dan tujuan wawancara.
  2. Buatlah panduan wawancara yang akan anda jadikan arahan agar pertanyaan dapat fokus kepada hal-hal yang dibutuhkan.
  3. Gunakan pertanyaan jelas dan mudah dipahami.
  4. Cobalah untuk menggali mengenai kelebihan dan kekurangan sistem yang telah berjalan sebelumnya.
  5. Anda boleh berimprovisasi dengan mencoba menggali bagian-bagian tertentu yang menurut Anda penting.
  • Teknik Observasi
Berikut ini adalah beberapa petunjuk untuk melakukan observasi yaitu sebagai berikut :
  1.  Tentukan hal-hal apa saja yang akan diobservasi agar kegiatan observasi menghasilkan sesuai dengan yang diharapkan.
  2. Mintalah izin kepada orang-orang yang berwenang pada bagian yang akan diobservasi.
  3. Berusaha sedikit mungkin agar tidak menggangu pekerjaan orang lain.
  4. Jika ada yang Anda tidak mengerti, cobalah bertanya. Jangan membuat asumsi sendiri.
 
  • Teknik Kuisioner
 Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kuisioner menghasilkan data yang baik yaitu sebagai berikut :
  1.  Hindari pertanyaan isian, lebih baik pilihan ganda, karena responden biasanya malas untuk menulis.
  2. banyak, dan jika reponden menuliskan sesuatu sering kali susah untuk dipahami.
  3. Buatlah pertanyaan yang tidak terlalu banyak.
  4. Buatlah pertanyaan singkat, padat, dan jelas.




Terimakasih


Minggu, 01 Desember 2019

Manfaat Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan, Pemerintah Dan Industri




Peranan Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Pendahuluan
Di zaman modernisasi seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya. Teknologi di masa kini telah berkembang dengan pesat.

Tak seperti waktu dulu, Teknologi sangatlah berpengaruh dalam aspek kehidupan manusia dan ikut berperan dalam kehidupan masyarakat luas khususnya peran teknologi di bidang pendidikan. Dalam pendidikan sendiri teknologi kini memiliki peranan tersendiri dalam proses belajar mengajar.

Hasil teknologi telah sejak lama dimanfaatkan dalam pendidikan. Penemuan kertas, mesin cetak, radio, film, TV, komputer dan lain-lain itu dimanfaatkan bagi pendidikan. Pada hakekatnya alat-alat tersebut tidak dibuat khusus untuk keperluan pendidikan, akan tetapi alat-alat tersbut ternyata dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.

Menurut H. Hamzah B. Uno dan Hj. Nina Lamatenggo, (2011, 61) dalam Budiman (2017). Mengatakan bahwa kecendrungan pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah sebagai berikut :
Hasil teknologi telah sejak lama dimanfaatkan dalam pendidikan. Penemuan kertas, mesin cetak, radio, film, TV, komputer dan lain-lain itu dimanfaatkan bagi pendidikan. Pada hakekatnya alat-alat tersebut tidak dibuat khusus untuk keperluan pendidikan, akan tetapi alat-alat tersbut ternyata dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.

Menurut H. Hamzah B. Uno dan Hj. Nina Lamatenggo, (2011, 61) dalam Budiman (2017). Mengatakan bahwa kecendrungan pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah sebagai berikut :
1.Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (distance learing). Kemudian untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukkan sebagai strategi utama;

2.Shareng resource bersama antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuag jaringan perpustakaan dan istrumen pendidikan lainnya (guru, laboraturiom) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku;

3.Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM multimedia dalam pendidikan secara bertahap menggantuikan televisi dan vedio. Dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan, maka pada saat itu sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadual kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebaganya.

Perubahan akan tuntutan itulah yang menjadikan dunia pendidikan memerlukan inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajarannya karena banyak orang mengusulkan dalam pendidikan khususnya pembelajaran, akan tetapi sedikit sekali orang berbicara tentang solusi pemecahan masalah tentang proses belajar dan mengajar yang sesuai dengan tuntutan global abad ke 21 saat ini.

Selain guru, teknologi juga memiliki peran tersendiri terhadap siswa siwi , Sebagai contoh peranan teknologi untuk siswa dan siswi :

1.Sebagai media pembelajara daring(online)

2.Sebagai media belajar online dengan cangkupan yang lebih luas sebagai pengganti buku dan digantikan teknologi buku elektronik.

3.Sebagai media belajar kelompok , Karena teknologi smartphone yang dilengkapi aplikasi messenger seperti whatsap dapat membuat grub antar siswa agar lebih mudah dalam melakukan diskusi berkelompok tanpa harus berkumpul.

4.Dengan adanya teknologi untuk metode belajar siswa akan memiliki pengetahuan yang lebih luas sebagai contoh mesin penulusur google yang memiliki banyak sekali artikel dan ilmu didalamnya yang dapat kita akses secara gratis.

5.Peran teknologi terhadap siswa lainya sebagai media untuk mendapatkan pengumuman dari seorang guru atau ketua kelas jika ada PR ataupun pengumuman untuk libur memalui smartphone via sms ataupun online messenger atau whatsap

6.Lebih ringkas dalam pembelajaran karena materi yang tertera pada teknologi mesin telusur google menunjukan apa yang sedang kita cari dan sangat memudahkan kita dalam menemukan suatu jawaban tanpa memakan waktu lama dan dapat mempersingkat waktu dalam pencarian artikel atau wacana untuk para siswa siswi belajar.

Manfaat pemerintah yang dapat dirasakan antara lain:
1. Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat
Informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor, informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.

2. Peningkatan hubungan antara pemerintah
Pelaku bisnis, dan masyarakat umum, adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik, keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dankekesalan dari semua pihak.

3. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh
Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.

4. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien
Koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Untuk  Indonesia yang luas areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Tanya jawab, koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa kesemuanya harus berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus terbang ke Jakarta untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam saja.

5. Tuntutan masyarakat akan pemerintahan yang baik sudah mendesak untuk dilaksanakan oleh aparatur pemerintah. Salah satu solusi yang diperlukan adalah keterpaduan sistem penyelenggaraan pemerintah melalui jaringan sistem informasi on-line antar instansi pemerintah baik pusat dan daerah untuk mengakses seluruh data dan teknologi informasi terutama yang berhubungan dengan pelayanan publik. Dalam sektor pemerintah, perubahan lingkungan dan kemajuan teknologi mendorong aparatur pemerintah untuk mengantisipasi hal baru dan upaya peningkatan kinerja serta perbaikan pelayanan menuju terwujudnya pemerintah yang baik (good govermance).

Hal terpenting yang harus dicermati adalah sector pemerintah merupakan pendorong serta fasilitator dalam keberhasilan berbagai kegiatan pembangunan, oleh karena itu keberhasilan pembangunan harus didukung oleh kecepatan arus data dan informasi antar instansi agar terjadi keterpaduan system antara pemerintah dengan pihak pengguna lainnya.

Manfaat Teknologi Informasi dalam Bidang Industri

Teknologi informasi atau yang sering kita sebut dengan singkatan IT merupakan salah satu produk teknologi yang mengalami perkembangan dan juga kemajuan paling pesat di antara produk teknologi yang lain. Sifat alami manusia sebagai makhluk sosial yang ingin selalu berinteraksi menjadi penyebab semakin berkembangnya teknologi informasi di era modern seperti saat ini. Banyak manfaat dari teknologi informasi yang bisa dirasakan oleh  manusia salah satunya  adalah untuk mempermudah aktivitas keseharian mereka dalam menyebarkan ataupun menerima informasi.

Sebagai sarana pemasaran yang mudah dan efisien. Penggunaan internet sebagai salah satu sarana pemasaran produk sangatlah umum digunakan dewasa ini. Banyak pelaku industri melakukan promosi melalui internet karena dinilai lebih mudah, murah dan juga tepat sasaran.

1. Pembelian produk dengan harga yang lebih murah.
2. Berkembangnya inovasi bisnis dari berbagai individu.
3. Mengurangi batasan budaya dari berbagai negara.
4. Mempermudah kegiatan bisnis.
5. Mesin vendor makanan berbasis touchscreen
6. Pengelolaan restoran dengan aplikasi berbasis tablet pc
7. Tenaga penghasil biodiesel otomatis
8. LED Alert Systems
9. Pemantauan menggunakan webcam

Dampak Postitif Dan Negatif Dari Internet



Perkembangan teknologi berjalan seiring dengan perkembangan dunia. Saat ini teknologinya berkembang sangat pesat, terutama perkembangan internet. Hampir semua bidang dunia seperti industri, bisnis, pendidikan, hiburan, dll menggunakan Internet sebagai media untuk membantu karya mereka. Internet memiliki berbagai fungsi seperti fungsi komunikasi, pertukaran data, sumber informasi media dan banyak lagi. Salah satu fungsi yang paling banyak digunakan pengguna internet adalah internet sebagai sumber informasi media. Dengan menggunakan internet, mereka bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Meski begitu, kemudahan informasi yang bisa didapat dari internet memberi dampak positif dan negatif bagi pengguna internet itu sendiri. Berikut adalah dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh internet yang bisa dirasakan oleh konsumen.

Dampak Positif Internet

Dibalik kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak dampak positif yang akan kita peroleh sebagai pengguna internet. Berikut beberapa diantaranya:

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Dengan adanya internet, kita jadi lebih tahu mengenai berbagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah mereka dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran. Pelajar juga dapat melihat berbagai macam video di Youtube yang tentunya akan menunjang pendidikan mereka. Banyak video edukasi yang bertebaran di Youtube, anda pun juga dapat mendownload video-video tersebut.

2. Menjadi Media Komunikasi

Internet merupakan alat komunikasi yang digunakan masyarakat untuk berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain pada aplikasi internet. Contohnya adalah aplikasi chatting seperti twitter, line, facebook, yahoo, BBM. Hal ini tentu memudahkan untuk melakukan komunikasi dengan siapapun, dimanapun, dan kapanpun.

3. Mudah Mencari Lowongan Pekerjaan

Selain mudahnya mencari informasi, Anda juga dapat mencari lowongan pekerjaan di internet. Internet telah menjadi wadah tersendiri bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah melalui situs-situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan. Para perekrut calon karyawan baru pun biasanya juga melakukan riset terlebih dahulu mengenai diri Anda di internet. Oleh karena itu, usahakan selalu tampilkan citra yang baik di internet.

4. Mudah Melakukan Transaksi dan Berbisnis

Internet juga dapat menghasilkan keuntungan atau uang bagi Anda dengan berdagang secara online. Contohnya dengan membuka toko online sendiri. Selain itu, internet juga memudahkan Anda dalam melakukan transaksi pembelanjaan dan membuat Anda tidak perlu repot-repot untuk berbelanja langsung di toko fisik.

Dampak Negatif Internet

1. Pornografi

Tidaklah salah jika internet dikaitkan dengan hal-hal berbau pornografi, baik berupa gambar, video, maupun tulisan. Media internet memberikan peluang bagi seseorang untuk melihat, mengunduh, serta memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi serta role playing untuk orang dewasa pun semakin marak. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi semua kalangan.

2. Tersebarnya Informasi Palsu

Informasi palsu atau yang lebih dikenal dengan istilah HOAX dibuat oleh orang-orang tertentu dengan tujuan menakut-nakuti orang lain, menjelek-jelekkan suatu pihak dan lain sebagainya. Sebetulnya cukup mudah untuk mendeteksi informasi palsu yang masuk dalam broadcast pesan, namun orang lebih suka untuk langsung mempercayai dan membagikan walaupun info tersebut belum dipastikan kebenarannya.

3. Menampilkan Kekejaman

Kekompleksan informasi di internet membuat beberapa situs menampilkan segala bentuk kekejaman dan kesadisan untuk menjual situs yang bersangkutan. Hal-hal bersifat tabu memang menjadi salah satu cara yang bisa menaikkan pamor situs tersebut.

4. Penipuan

Tidak hanya dalam media internet, penipuan adalah dampak negatif yang mengintai dalam segala hal. Internet menjadi salah satu sasaran para penipu untuk melancarkan aksinya. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah mengabaikan informasi tertentu yang dianggap memiliki unsur penipuan.



Jenis Ancaman Cyber-Crime



Apa itu Kriminologi Cyber ? Siapakah Bapa Pendiri ?  Siapa yang menciptakan istilah ini ?

Cyber ​​Criminology adalah bidang multidisiplin yang mencakup peneliti dari berbagai bidang seperti Kriminologi, Victimologi, Sosiologi, Ilmu Internet, dan Ilmu Komputer. Jaishankar (2007) adalah Bapak Pendiri dari disiplin akademis Cyber ​​Criminology dan ia menciptakan dan mendefinisikan Cyber ​​Criminology sebagai "studi tentang sebab-akibat kejahatan yang terjadi di dunia maya dan dampaknya dalam ruang fisik". Jaishankar (2007) secara akademis menciptakan istilah Cyber ​​Criminology karena dua alasan. Pertama, badan pengetahuan yang berurusan dengan kejahatan dunia maya tidak boleh bingung dengan investigasi dan digabung dengan forensik cyber; kedua, harus ada disiplin independen untuk mempelajari dan mengeksplorasi kejahatan dunia maya dari perspektif ilmu sosial. Sejak peluncuran International Journal of Cyber ​​Criminology, istilah Cyber ​ Criminology telah berakar secara akademis di lingkungan akademik online maupun offline.

Tujuan dan Lingkup

International Journal of Cyber ​​Criminology (IJCC) adalah jurnal interdisipliner online peer review (terbuka akses) yang diterbitkan dua kali setahun dan ditujukan untuk studi kejahatan cyber, perilaku kejahatan dunia maya, korban cyber, hukum cyber dan kebijakan cyber. IJCC adalah akses terbuka Diamond yang unik, bukan untuk jurnal internasional untung, di mana penulis tidak perlu membayar biaya pemrosesan artikel / biaya halaman dan sepenuhnya gratis untuk penulis dan audiens. IJCC akan fokus pada semua aspek kejahatan dunia maya / komputer: Bentuk Kejahatan Dunia Maya, Dampak kejahatan dunia maya di dunia nyata, Pemolisian ruang siber, Perspektif Internasional Kejahatan Siber, Mengembangkan kebijakan keselamatan siber, Korban Siber, Psikopatologi Siber, aspek geografis dari Kejahatan dunia maya, perilaku pelaku kejahatan dunia maya, hukum kejahatan dunia maya, Pornografi siber, Privasi & Anonimitas di Internet, Pencurian Internet dan Pencurian Identitas, Keselamatan Ponsel, Faktor Manusia dari Kejahatan Dunia Maya dan masalah Kebijakan dan Keamanan Dunia Maya, Perjudian Daring, Hak Cipta, dan Properti Intelektual Hukum. Ketika disiplin Cyber Criminology mendekati masa depan, menghadapi kebutuhan mendesak untuk mendokumentasikan literatur di daerah yang berubah dengan cepat ini menjadi lebih penting daripada sebelumnya. IJCC akan menjadi pusat nodal untuk mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan tentang kejahatan dunia maya terutama dari perspektif ilmu sosial ke dunia akademis dan awam. Jurnal ini menerbitkan makalah teoritis, metodologis, dan terapan, serta ulasan buku. Kami tidak menerbitkan makalah forensik cyber / makalah forensik digital yang sangat teknis dan makalah yang bersifat deskriptif / ikhtisar.

Akses terbuka

International Journal of Cyber ​​Criminology (IJCC) percaya bahwa pengetahuan itu terbuka untuk semua dan harus dapat diakses secara bebas. IJCC membuat semua konten tersedia secara bebas untuk semua peneliti di seluruh dunia, memastikan penyebaran konten yang maksimal melalui situs webnya. IJCC tidak hanya menyediakan isinya gratis tetapi juga tidak membebankan biaya pada pembuatnya. IJCC juga mendukung Create Change dalam mempromosikan konsep akses terbuka.

Jenis Ancaman Cyber-Crime

A. Cyber Espionage

Jenis ancaman siber ini, pelaku akan melakukan kegiatan memantau secara intensif sasarannya memanfaatkan jaringan komputer yang dimasuki pelaku tanpa diketahui sasarannya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi terbaru dan sewaktu-waktu mencuri dokumen rahasia penting milik sasarannya. Misalnya, terjadi pada kasus persaingan bisnis untuk mencuri data-data milik pesaingnya.
Cyber espionage adalah salah satu  jenis dari cyber crime seperti yang telah di uraikan di atas.Cyber espionage merupakan salah satu tindak pidana cyber crime yang menggunakan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain dengan memasuki jaringan komputer (computer network system) pihak sasaran. Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap saingan bisnis yang dokumen atau data-data pentingnya tersimpan dalam satu sistem yang computerized.
Cyber Espionage juga disebut Cyber ​​memata-matai atau Cyber​​spionase,yaitu tindakan atau praktek memperoleh rahasia tanpa izin dari pemegang informasi (pribadi, sensitif, kepemilikan atau rahasia alam), dari individu, pesaing, saingan, kelompok, pemerintah dan musuh untuk pribadi, ekonomi , keuntungan politik atau militer menggunakan metode pada jaringan internet, atau komputer pribadi melalui penggunaan retak teknik dan perangkat lunak berbahaya termasuk trojan horse dan spyware . Ini sepenuhnya dapat dilakukan secara online dari meja komputer profesional di pangkalan-pangkalan di negara-negara jauh atau mungkin melibatkan infiltrasi di rumah oleh komputer konvensional terlatih mata-mata dan tahi lalat atau dalam kasus lain mungkin kriminal karya dari amatir hacker jahat dan programmer software .
Cyber​​spionase biasanya melibatkan penggunaan akses tersebut kepada rahasia dan informasi rahasia atau kontrol dari masing-masing komputer atau jaringan secara keseluruhan untuk strategi keuntungan dan psikologis , politik, kegiatan subversi dan fisik dan sabotase . Baru-baru ini, cyber mata-mata melibatkan analisis aktivitas publik di situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

B.Cyber Warfare

Ancaman dengan memanfaatkan teknologi internet yang satu ini, dilakukan dengan cara pelaku masuk ke dalam sistem sasarannya kemudian mengacak-acak sistem dan juga semua data yang ada di dalamnya. Ancaman warfare ini pernah memakan korban jiwa juga. Bagaimana bisa ? Hal ini ditunjukkan peristiwa yang dilakukan oleh Israel untuk menyerang Iran. Israel memanfaatkan virus jaringan untuk merusak teknologi listrik tenaga nuklir milik Iran, yang semestinya masih dalam fase uji coba.
C.Cyber Crime

Ancaman siber ini berupa kejahatan yang melawanggar peraturan hukum dan biasanya sasaran kejahatan adalah perorangan. Kasus pelaku kejahatan siber antara lain penipuan dalam transaksi jual beli online,  penipuan credit card, menculik seseorang dengan memalsukan identitas di depan sasarannya, menyebarkan virus (bisa berupa hyperlink atau dokumen) ke dalam jaringan sehingga sistem lumpuh dan data dapat dicuri serta terkadang disalahgunakan, dan kasus lainnya.

D.Cyber Terrorism

Ancaman terencana ini bertujuan untuk mengganggu keamanan sosial, politik, dan ekonomi yang berdampak buruk besar pada rakyat sipil suatu negara sasaran melalui kekuatan teknologi internet. Misalnya seperti menyerang website resmi pemerintah, melakukan sadap jaringan komunikasi strategis politik, mencuri sumber data elektronik perbankan, dan sebagainya.

E.Data Forgery

Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat ‘bercerita’ banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengertian data juga bisa berarti kumpulan file atau informasi dengan tipe tertentu, baik suara, gambar atau yang lainnya.

Menurut kamus oxford definisi data adalah “ facts or information used in deciding or discussing something”. Terjemahan dalam bahasa Indonesia: “ fakta atau informasi yang digunakan dalam menentukan atau mendiskusikan sesuatu”. Juga bisa berarti “information prepared for or stored by a computer” dalam bahasa Indonesia berarti “ informasi yang disiapkan untuk atau disimpan oleh komputer.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian data adalah keterangan yang benar dan nyata. Atau keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan bahan kajian (analisa atau kesimpulan).

Forgery adalah pemalsuan atau Tindak pidana berupa memalsukan atau meniru secara tak sah, dengan itikad buruk untuk merugikan pihak lain dan sebaliknya menguntungkan diri sendiri.

Data forgery adalah data pemalsuan atau dalam dunia cybercrime Data Forgery merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scripless document melalui internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e- commerce dengan membuat seolah-olah terjadi “salah ketik” yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku karena korban akan memalsukan data pribadi dan nomor kartu kredit yang dapat saja disalahgunakan. Kejahatan jenis ini dilakukan dengan tujuan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang ada di internet. Dokumen-dokumen ini biasanya dimiliki oleh institusi atau lembaga yang memiliki situs berbasis web database.Contoh Kasus Data Forgery :
1. Kejahatan kartu kredit yang dilakukan lewat transaksi online.
2. Kasus Pemalsuan Identitas

Kamis, 28 November 2019

Mastering liunx desktop di ubuntu 14.04.6

A. Remastering linux desktop di ubuntu 14.04.6




Remastering adalah suatu teknik mengubah, menambah, menghapus paket aplikasi yang berada pada suatu sistem operasi. Atau menentukkan suatu paket aplikasi yang akan digunakan oleh suatu sistem operasi, lalu membuat baru nama dari sistem operasi tersebut, kemudian di backup dan di jadikan sistem operasi yang baru. atau bahasa sederhananya membuat sistem operasi baru dengan paket-paket aplikasi yang diinginkan. Salah satu software yang digunakan untuk remastering yaitu remastersys.

a. membuat full sistem backup termasuk data personal ke live cd/dvd yang dapat digunakan dimanapun dan dapat di instal (mirip ghost pada windows)
b. dapat digunakan untuk membuat salinan dari sistem anda untuk di bagikan tanpa ada data dari user sebelumnya.

Langsung aja ini langkah-langkah mastering :

1. Langkah pertama download file masreringnya terlebih dahulu ini link https://ryandanny.wordpress.com/2015/04/25/install-remastersys-di-ubuntu-14-04/



2.Selanjutnya masuk keterminal Klik Ctrl+Alt+T


3.Lalu klik cd Unduhan yang terdapat file remastersys



4. kalo sudah ,lalu Ekstrak file Remastersysnya dengan Klik tar -xzvf remastersys.tar.gz



5. Lalu Masuk file mastering cd Unduhan/home/plus/remastersys



6.Lalu klik sudo apt-get -i *.deb untuk menyatukan file mastering dan masih error karena dispitorynya belum terinstall




7.Selanjutnya Klik sudo apt-get install -f  untuk memperoses remastersys  dispitory mastering 




8.Lalu Klik kembali sudo dpkg -i *.deb ini pasti berhasil karena dispitory telah terinstall





9.Lalu Klik remastersys-gtk tunggu beberapa saat


10.Akan muncul Password masukan sandi linux kalian


11.Remastersys pun muncul seperti ini



Keterangan :

  • → Backup : Melakukan proses Remastering secara keseluruhan, termasuk data– data yang tersimpan di dalamnya.
  • → Dist : Melakukan proses Remastering hanya pada customisasi yang berubah, misal : Theme, Icon, Aplikasi.
  • →Distcdfs : Melakukan proses Remastering hanya pada perubahan File System.
  • →Distiso : Melakukan proses Remastering hanya untuk membuat file ISO saja. Bukan pada file systemnya.



Yah itu tadi ulasan singkat cara install remastersys di Ubuntu 14.04. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat  😀



DIAGRAM DIAGRAM DEPLOYMENT

  Latar Belakang Kegiatan praktikum merupakan proses belajar yang mendukung disamping penyampaian teori. Mahasiswa diwajibkan untuk mengi...